Oleh
Titin Tadiaryani, M.Pd.
ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model kooperatif TGT berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan
komunikasi matematik yang valid, (2) mendapatkan efektifitas pembelajaran
matematika dengan model kooperatif TGT berbasis pendidikan karakter yang ditandai dengan tuntas pada kemampuan
komunikasi matematik, adanya pengaruh positif sikap dan keterampilan proses
terhadap kemampuan komunikasi matematik, dan kemampuan komunikasi matematik
kelas uji coba lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang menggunakan modifikasi model
Plomp terdiri dari fase investigasi
awal, fase perancangan, fase realisasi dan
konstruksi, dan fase pengujian, evaluasi dan revisi. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan
adalah Silabus, RPP, Buku Siswa, LKS, dan Tes Hasil Belajar. Subyek uji coba
adalah siswa kelas VII SMP N 6 Taman dengan tehnik cluster random sampling
terpilih tiga kelas, yaitu: 1 kelas
uji coba soal THB, 1 kelas uji coba perangkat dan 1 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk
pengumpulan data terdiri dari: (1) lembar validasi; (2) pengamatan; (3) angket, dan (4) tes hasil belajar. Data-data tersebut digunakan
untuk: (1) mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran; dan (2) mengetahui
efektivitas perangkat pembelajaran. Data diperoleh dengan observasi dan
test, diolah dengan uji banding t dan uji regresi.
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai
berikut: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid menurut validator
dengan rata-rata nilai validasi silabus 3.46 dari skor maksimal 4,00, untuk RPP
3.88, buku siswa 3.6, dan LKS 3.78 dari skor maksimal 5,00; (2)
pembelajaran yang menggunakan model TGT berbasis pendidikan karakter mencapai
efektif, ditandai dengan tercapainya: (a) ketuntasan individual kemampuan komunikasi matematis
sebesar 77,18 melebihi kriteria ketuntasan minimal 70 dan ketuntasan klasikal
melebihi 75%, (b) hasil belajar kemampuan komunikasi matematik siswa
dipengaruhi oleh sikap sebesar 63,38% dan ketrampilan proses 67,70%, (c) kemampuan komunikasi
matematik siswa kelas uji coba perangkat dengan rata-rata 77.18 lebih baik dari
pada kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol dengan
rata-rata 70,35. Disarankan dalam
pembelajaran materi aritmetika sosial menggunakan perangkat pembelajaran dengan model kooperatif TGT Berbasis Pendidikan
Karakter.
ABSTRACT. The purposes
of this research are: (1) produces of teaching equipments TGT based on the character
education to improve the mathematical communication competences
material valid Social Arithmetics and; (2) obtain the learning
mathematical effectiveness of TGT based on character
education to improve the mathematical communication competence
throughly, the processing skill and students attitude influence to the
mathematical communication competences positively, and the mathematical
communication competences of experiment class is better than control class.The research
type used is the research developing the implementation of modified-
Plom- model consisting of phase of preliminary
investigation, the phase of design, the phase of realization and construction, and the phase of test,
evaluation and revision. The developed teaching equipment consists of syllabus,
lesson plan, student books, students worksheets, and test. The subjects of this research are students of
SMP N 6 Taman Grade VII with the
cluster random sampling technique, who are divided into
three classes, they are; 1 trial class for the test, 1 class for trial of
teaching equipments and 1 class for the controller. The data of research are gained
through: (1) validation sheet; (2) monitoring; (3) questioner; and (4) test.
Those data are used to: (1) know the validity of the teaching equipments; and (2) know
the effectiveness of the teaching equipments.
The data are
collected by observing and testing, processsed by t comparing and regressing.
The results of the teaching equipments development as follows: (1)
teaching equipments developed are valid according to the validator with an
average validation value of syllabus 3.46 from maximal score 4.00, for lesson
plan 3.88, student books 3.6, and students worksheets 3.78 from maximal score
5.00; (2) learning processes using TGT
based on the character education is effective, marked by the achievement of:
(a) the exhaustiveness classical matematical communication competences test 77,18 exceed for a
minimum criteria of 70 and completeness exhaustiveness individually exceed 75%;
(b) the result of students learning mathematical communication competences is influenced
by the skill process is 63,38% and students’ attitude toward mathematics
is 67,70%; and (c) the mathematical
communication competences test experiment class with an average of 77.18 is
better than the control class of 70.35 It is suggested using learning material
and cooperative model TGT character education based in
teaching aritmetica social arithmetics.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar