4/06/2013

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VII MATERI ARITMETIKA SOSIAL


Oleh
Titin Tadiaryani, M.Pd.
ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model kooperatif TGT berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik yang valid, (2) mendapatkan efektifitas pembelajaran matematika dengan model kooperatif TGT berbasis pendidikan karakter yang ditandai dengan tuntas pada kemampuan komunikasi matematik, adanya pengaruh positif sikap dan keterampilan proses terhadap kemampuan komunikasi matematik, dan kemampuan komunikasi matematik kelas uji coba lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang menggunakan modifikasi model Plomp  terdiri dari fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi dan  konstruksi, dan fase pengujian, evaluasi dan revisi. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Siswa, LKS, dan Tes Hasil Belajar. Subyek uji coba adalah siswa kelas VII SMP N 6 Taman dengan tehnik cluster random sampling terpilih tiga kelas, yaitu: 1 kelas uji coba soal THB, 1 kelas uji coba perangkat dan 1 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari: (1) lembar validasi; (2) pengamatan; (3) angket, dan (4) tes hasil belajar. Data-data tersebut digunakan untuk: (1) mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran; dan (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran. Data diperoleh dengan observasi dan test, diolah dengan uji banding t dan uji regresi.
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid menurut validator dengan rata-rata nilai validasi silabus 3.46 dari skor maksimal 4,00, untuk RPP 3.88, buku siswa 3.6, dan LKS 3.78 dari skor maksimal 5,00; (2) pembelajaran yang menggunakan model TGT berbasis pendidikan karakter mencapai efektif, ditandai dengan tercapainya: (a) ketuntasan individual kemampuan komunikasi matematis sebesar 77,18 melebihi kriteria ketuntasan minimal 70 dan ketuntasan klasikal melebihi 75%, (b) hasil belajar kemampuan komunikasi matematik siswa dipengaruhi oleh sikap sebesar 63,38% dan ketrampilan proses 67,70%, (c) kemampuan komunikasi matematik siswa kelas uji coba perangkat dengan rata-rata 77.18 lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol dengan rata-rata 70,35. Disarankan dalam pembelajaran materi aritmetika sosial menggunakan perangkat pembelajaran dengan model kooperatif TGT Berbasis Pendidikan Karakter.




ABSTRACT. The purposes of this research are: (1) produces of teaching equipments TGT based on the character education to improve the mathematical communication competences material valid Social Arithmetics and; (2) obtain the learning mathematical effectiveness of TGT based on character education to improve the mathematical communication competence throughly, the processing skill and students attitude influence to the mathematical communication competences positively, and the mathematical communication competences of experiment class is better than control class.The research type used is the research developing the implementation of modified- Plom- model consisting of phase of preliminary investigation, the phase of design, the phase of realization and construction, and the phase of test, evaluation and revision. The developed teaching equipment consists of syllabus, lesson plan, student books, students worksheets, and test.  The subjects of this research are students of SMP N 6 Taman Grade VII with the cluster random sampling technique, who are divided into three classes, they are; 1 trial class for the test, 1 class for trial of teaching equipments and 1 class for the controller. The data of research are gained through: (1) validation sheet; (2) monitoring; (3) questioner; and (4) test. Those data are used to: (1) know the validity of the teaching equipments; and (2) know the effectiveness of the teaching equipments. The data are collected by observing and testing, processsed by t comparing  and regressing.
The results of the teaching  equipments development as follows: (1) teaching equipments developed are valid according to the validator with an average validation value of syllabus 3.46 from maximal score 4.00, for lesson plan 3.88, student books 3.6, and students worksheets 3.78 from maximal score 5.00; (2) learning processes using TGT based on the character education is effective, marked by the achievement of: (a) the exhaustiveness classical matematical communication competences test 77,18 exceed for a minimum criteria of 70 and completeness exhaustiveness individually exceed 75%; (b) the result of students learning mathematical communication competences is influenced by the skill process is 63,38% and students’ attitude toward mathematics is 67,70%; and (c) the mathematical communication competences test experiment class with an average of 77.18 is better than the control class of 70.35 It is suggested using learning material and cooperative model TGT character education based in teaching aritmetica social arithmetics.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar