4/06/2013

PENERAPAN TEORI DIENES DALAM PEMBELAJARAN KONSEP MENGALIKAN BILANGAN BULAT NEGATIF



Oleh:
TITIN TADIARYANI, M.Pd. 

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Matematika sebagai salah satu ilmu dasar dewasa ini telah berkembang demikian pesat, baik materi, maupun kegunaannya. Dengan  demikian setiap upaya penyusunan kembali atau penyempurnaan kurikulum matematika sekolah perlu mempertimbangkan perkembangan-perkembangan tersebut, pengalaman masa lalu dan kemungkinan masa depan.
Matematika sekolah adalah matematika yang diajarkan di pendidikan tingkat dasar, tingkat menengah maupun perguruan tinggi. Matematika di sekolah tersebut terdiri atas bagian-bagian matematika yang dipilih guna membentuk pribadi siswa dan menumbuhkan kemampuan-kemampuan, serta berpadu pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini tidak lepas dari peranan matematika. Jadi tegasnya penguasaan matematika sangat penting dalam mempercepat kemajuan ilmu dan teknologi. Oleh karena itu, usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan yaitu dengan melakukan perbaikan-perbaikan, perubahan-perubahan dan pembahasan dalam segala aspek yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan matematika.
Belajar merupakan suatu proses yang kesinambungan untuk membentuk konsep-konsep baru, ide-ide baru, atau pengetahuan baru berdasarkan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan sebelumnya. Oleh karena itu, sebelum siswa mempelajari mata baru, dia harus mengulangi dan memahami pelajaran-pelajaran yang lampau yang ada hubungannya. Hal ini perlu dilakukan terutama dalam mempelajari pelajaran matematika.
Belajar matematika sangat terkait dengan berfikir matematis, yaitu berfikir merumuskan suatu himpunan yang sudah diketahui atau berhubungan dengan struktu-struktur secara mantap telah terbentuk dari kalimat-kalimat yang telah ada sebelumnya.
Dalam mempelajari matematika, jika konsep A dan konsep B mendasari konsep C, maka konsep C tidak mungkin dapat dikuasai sebelum konsep A dan konsep B dapat dipahami terlebih dahulu. Ini berarti konsep yang sederhana atau konsep dasar merupakan prasarat bagi pengembangan konsep yang lebih tinggi. Dengan demikian memahami konsep dalam matematika perlu memperhatikan konsep-konsep sebelumnya. Konsep lanjutan tidak mungkin dapat dipahami sebelum memahami dengan baik konsep sebelumnya yang menjadi prasyarat.
Di sisi lain tidak hanya tingkat kedalaman konsep saja yang diberikan pada siswa tetapi guru harus mengetahui tingkat perlambangan mental anak dan bagaimana pengajaran yang harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap perkembangan tersebut.
Pembelajaran yang tidak memperhatikan perkembangan mental siswa besar kemungkinan akan mengakibatkan siswa mengalami kesulitan belajar, karena apa yang disajikan pada siswa tidak sesuai dengan kemampuannya dalam menyerap materi yang diberikan.
Guru matematika yang profesional selain menguasai materi serta aplikasinya, hendaknya tidak mengabaikan penggunaan teori belajar-mengajar dalam kelasnya. Hal ini memudahkan bagi guru untuk memilih strategi mengajar yang sesuai dengan lingkungan belajar, kesulitan belajar dan perkembangan anak, serta mampu menerapkan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika.
Dari uraian tersebut di atas, hendaknya seorang guru dalam proses belajar mengajar tidak melanjutkan pelajaran ke konsep selanjutnya, sebelum siswa menguasai konsep yang telah dberikan. Dan seorang guru harus mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa dan letak kesulitan belajar siswa atau letak kesalahan atas konsep-konsep yang diajarkan, serta mencari cara atau metode yang tepat untuk pembelajaran konsep tersebut.
Makalah ini mencoba membahas tentang penerapan teori belajar Dienes pada konsep mengalihkan bilangan bulat negatif dalam pembelajaran metematika. Hal ini mengingat bahwa konsep mengalihkan bilangan bulat negatif merupakan konsep dasar untuk mempelajari konsep selanjutnya yaitu konsep perkalian pecahan bentuk aljabar.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah konsep matematika dan bagaimana tahap-tahap mempelajari konsep matematika menurut Dienes?
2.      Prinsip-prinsip apa saja dalam belajar konsep Dienes.
3.      Bagaimana penerapan teori Dienes dalam pembelajaran konsep mengalihkan bilangan bulat negatif ?

C.    Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk :
1.      Mengetahui betapa pentingnya menerapkan teori belajar mengajar dalam pembelajaran konsep matematika sehingga pengajaran konsep matematika lebih mudah untuk dipelajari siswa.
2.      Menerapkan model Dienes dalam belajar konsep mengalihkan bilangan bulat negatif pada pembelajaran matematika di dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar